Merupakan sebuah desain minimarket pengalokasian ruang rak display dan merespon pada perilaku konsumen. Layout ini didasarkan pada ide gambar minimarket bahwa penjualan dan keuntungan bervariasi kepada produk yang menarik perhatian konsumen. Penelitian membuktikan bahwa semakin besar produk di rak minimarket terlihat oleh konsumen maka penjualan akan semakin tinggi dan tingkat pengembalian investasi semakin tinggi.
Ada 5 ide yang dapat dimanfaatkan dalam pengaturan rak gondola minimarket, yaitu :
1. Tempatkan barang-barang yang sering dibeli di rak barang sekitar batas luar toko
2. Gunakan lokasi yang strategis untuk produk yang menarik dan mempunyai nilai keuntungan besar seperti rak pajangan kosmetik, aksesories
3. Distribusikan “produk kuat” yaitu yang menjadi alasan utama para pengunjung berbelanja pada kedua sisi lorong dan letakan rak minimarket secara tersebar untuk bisa lebih banyak dilihat konsumen
4. Gunakan lokasi ujung lorong menempatkan rak gantungan karena memiliki tingkat pertontonan yang tinggi
5. Sampaikan misi toko dengan memilih posisi yang menjadi penghentian pertama bagi konsumen
Tujuan utama dari layout ini adalah memaksimalkan keuntungan luas lantai per kaki persegi.
Hal ini hanya sebuah contoh dari beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha retail/ swalayan/ minimarket/ supermarket/ toko.
Masih banyak hal lain yang harus diperhatikan seperti :
– Penentuan lokasi yang strategis
– Pencarian data suplayer
– Pencarian dan Pelatihan SDM
– Penataan barang / grouping
– Manajemen Stok
– System komputerisasi
- System cashflow
dan masih banyak lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar